Halaman

Jumat, 30 Maret 2018

CARA MUDAH POLISI MENGIDENTIFIKASI PENIPU ONLINE

CARA MUDAH POLISI MENGIDENTIFIKASI PENIPU ONLINE
Seiring dengan perkembangan technologi dimasa ini semuanya bisa dikendalikan oleh pembuat/organisasi tertentu disini tertechweb akan membahas cara pelacakkan.

CARA POLISI DENGAN MUDAH MENGIDENTIFIKASI PENIPU
  1.   LACAK IMEI Alurnya:- petugas menerima data barang bukti berupa no hp penipu.
    - dari NO HP, petugas bekerja sama dengan operator, akan diketahui NOMOR IMEI/ESN/BAHKAN MERK DAN TYPE HP YANG DIPAKAI
    - pada dasarnya nomor yang dipakai penipu adalah nomor sekali pakai atau kelar nipu langsung buang, OLEH KARENA ITU YANG DICARI PETUGAS ADALAH DATA NOMOR HP YANG MASUK KE PONSEL SEBELUM ITU. biasanya itu adalah nomor asli. BISA DITRACK HINGGA 10 Nomor terakhir yang keluar masuk (teregistrasi) di ponsel tersebut.
    - Setelah yakin dan mendapatkan nomor utama / nomor asli (BIASANYA NOMOR INI TIDAK UNTUK NIPU, TAPI NOMOR ASLI, UNTUK BERSOSIALISASI DENGAN KELUARGA DAN TEMAN).. maka data nomor tersebut akan diolah untuk mendapatkan data panggilan keluar-masuk, dan sms keluar-masuk
    - Akan didapatkan nomor2 orang-orang terdekat penipu, dan teridentifikasilah si PENIPU INI.
    Contoh yang tertangkap melalui metode ini: komplotan mahasiswa penipu online dari makassar (googling aja kasusnya)
  2.   LACAK LOKASI LANGSUNG MENGGUNAKAN SATELIT
    - Ente emang ga nyadar apa, gimana si polisi terutama densus88 bisa dengan mudah menemukan lokasi persembunyian teroris? YUP, SAAT INI MABES POLRI DAN POLDA METRO JAYA SUDAH MEMBELI ALAT PELACAK LOKASI MELALUI SINYAL HP (SEHARGA 15 MILYAR, YANG DIBELI DARI AUSTRALIA), namun sementara yang mempunyai alat ini hanya mabes polri dan polda metro jaya. di daerah2 belum ada. Masih anget bagaimana sindikat penipu mama minta pulsa dengan mudah diciduk melalui kasus ini (googling aja kasusnya).
    - SYARAT PENGGUNAAN ALAT INI TENTUNYA JIKA LAPORAN PENIPUAN CUKUP BANYAK, dan jumlah kerugian yang dialami korban-korbannya cukup besar, maka PMJ tidak segan-segan menggunakan alat ini. dalam 180 detik, hanya menginput no hp SI TUTI, LOKASI KOORDINAT UDAH DIDAPAT. ingat, lokasi sangat valid (jadi bukan hanya lokasi BTS, Tapi lokasi pemegang sinyal).
  3.   LACAK MENGGUNAKAN IP ADDRESS
    - Penipu menipu korban melalui iklan online di olx atau berniaga
    - setelah petugas kroscek ke olx/ berniaga, akan didapatkan ip saat penipu memasang iklan tersebut
    - JIKA IP STATIS (Penipu menggunakan firstmedia, fastnet, biznet, dan isp statis lainnya) maka dengan mudah akan diketahui lokasi penipu saat itu juga, caranya,, petigas akan meminta data pengguna ip tersebut melalui ISP yang bersangkutan.
    - JIKA IP DINAMIS (Penipu menggunakan modem GSM-CDMA-Speedy-atau mobile browser) maka petugas akan mengolah data traffic si penipu. yaitu saat berselancar menggunakan ip tersebut, si penipu mampir browsing kemana aja.. tidak jarang si penipu secara tidak sadar saat menggunakan ip tsb, penipu menyempatkan mengakses/login/membuka FB Aslinya..
    - JIKA IP PUBLIK (Penipu menggunakan INTERNET PUBLIK SEPERTI WARNET, WIFI HOTEL, dll)
    maka cara melacaknya yang pertama seperti metode melacak dengan IP DINAMIS, ditambah dengan keterangan saksi, seperti Karyawan Warnet, atau Karyawan Hotel, dll.
    - melacak aktivitas ip sangat mudah.. hanya perlu menata dan mengaitkan aja, misal .. seseorang menipu menggunakan id olx tuti8891, maka, dari pihak olx polisi akan menerima salinan ip yang pernah digunakan penipu untuk log in di akun tersebut, jika penipu ber ip statis, paka tentu akan lebih mudah karena ip nya tetap itu2 saja.. jika penipu ber ip dinamis, tentunya akan didapat beberapa ip.. misal si penipu dalam seminggu log in olx 3 x dengan ip:
    114.23.121.47
    114.190.36.03
    114.190.36.32
    nah, tim cybercrime akan mengembangkanketiga ip tersebut, misal ip 114.23.121.47 selain digunakan untuk mengakses olx, penipu juga menggunakannya untuk mengakses yahoo dengan email datacore21@yahoo.com misalnya.. maka oleh polisi akan dikembangkan lagi dengan mendapatkan ip-ip yang pernah dipake log in di datacore21@yahoo.com.. dan akan dikaitkan satu sama lain.. so,sekali penipu masuk ke real accountnya di internet, misal ga sengaja akses fb, twitter, email, atau internet bankingnya.. maka akan didapat data2nya dan dapat diidentifikasi dengan mudah. Metode ini juga tetap bisa diterapkan sekalipun si tuti menyamarkan ip nya (hide proxy dsb).
  4.  LACAK MENGGUNAKAN NOMOR REKENING
    Cara ini sangat kuno dan hanya berlaku untuk penipu2 konyol nan bodoh, yang masih menggunakan rekening aslinya. maka tanpa babibu polisi akan dengan mudah mendapat data pembuat rekening..masalahnya penipu yang 'berani' menggunakan rekening aslinya hanya sekitar 30% aja, sisanya 45% menggunakan rekening orang/pihak lain (money laundry)-> ini juga mudah dilacak alurnya. dan 25% menggunakan rekening palsu dengan fake id. jika udah fake id.. maka metode ini ga akan bisa digunakan.
  5.   LACAK MENGGUNAKAN BARANG YANG DIKIRIM
    Pernah ketipu beli laptop tapi yang dikirm malah kaleng susu? masih ada metode lain sebagai cadangan kepolisian untuk mengidentifikasi penipu. yaitu dengan SIDIK JARI. Polisi mendapatkan sidik jari yang menempel di kaleng susu dan mencocokkannya dengan server sidik jari kepolisian. ingat.. ga ada 1 pun warga yang belum terekam sidik jarinya.. semua sudah. saat membuat KTP,PASSPOR,SIM saat itu kita menyerahkan sidik jari kita. ada yang belum?.

SOO... Sebelum terlambat nih.. kalian yang kerjanya hanya dirumah, hanya didepan lepi, begadang tengah malem, bikin kalimat demi kalimat iklan tipu2 yang memikat, ngepost ke berbagai situs jual beli, menunggu di approve admin, BERTOBATLAH... BERHENTILAH.. STOP. SEBELUM POLISI MENGETUK PINTU RUMAH KALIAN.




BUAT YANG MAU TRANSAKSI, INI TIPS SIMPLE MEMASTIKAN SELLER PENIPU ATAU BUKAN:

- minta foto ktp seller, cek data ktp di web kpu (inputkan nomornya). jika data di web kpu cocok, lalu:
- minta seller berfoto dengan barang dagangannya (wajah kelihatan) cocokkan foto dengan ktp nya untuk mastiin bahwa ktp tsb bukan dr orang lain/ambil di google
- setelah kita tanya alamat, dan seller ngaku jauh dr kota kita.. tes sms pake nomor lain, ngaku aja sekota, ajak cod, terus pancing, jika dia menolak dengan berbagai alasan, tinggalkan seller tsb.
- minta fb nya, lihat interaksinya, bukan profilnya.. klo interaksinya saling kenal/comment2an dg teman2nya, akun tua (bukan baru bikin) kemungkinan besar ga nipu..
  Sumber:https://www.kaskus.co.id

0 komentar:

Posting Komentar