Halaman

Kamis, 29 Maret 2018

Alasan Kenapa Waktu Ada 12 Jam ,60 menit, dan 60 detik


Masa lalu memang pantas disebut sebagai hal yang paling jauh karena kita tidak akan pernah bisa kembali ke masa itu walaupun hanya sedetik saja. Bila kita renungkan, betapa berharganya waktu yang kita miliki. Kadang karena banyaknya pekerjaan yang belum selesai, kita sering berandai-andai kalau saja sehari itu bisa 48 jam. Mungkinkah?
Sebenarnya, bisa saja kita membuat sehari menjadi 48 jam, asalkan satu jamnya sama dengan 30 menit. Kalau memang begitu, mengapa sehari semalam harus dihitung sebagai 2 x 12 jam? Seperti yang kita lihat di jam tangan atau pun jam dinding analog, yang tertera selalu 12 angka, 1 sampai 12. Padahal, bisa saja kita anggap sehari semalam adalah 20 jam sehingga satu jam menjadi 72 menit.

Lalu, dari mana sistem 12 angka ini berasal?


Sistem bilangan yang paling banyak digunakan manusia pada saat ini adalah sistem desimal, yaitu sistem penghitungan berbasis 10. Namun untuk mengukur waktu, kita menggunakan sistem duodesimal (basis 12) dan sexadesimal (basis 60). Hal ini disebabkan karena metode membagi hari diturunkan dari sistem bilangan yang telah digunakan oleh peradaban kuno Mediterania. Sekitar tahun 1500 SM, orang-orang Mesir kuno menggunakan sistem bilangan berbasis 12. Mereka mengembangkan sebuah sistem jam matahari yang membagi waktu antara matahari terbit sampai tenggelam ke dalam 12 bagian
ara ahli sejarah berpendapat, orang-orang Mesir kuno menggunakan sistem bilangan berbasis 12 karena mengikuti jumlah siklus bulan dalam satu tahun, atau berdasarkan jumlah sendi jari manusia (3 di tiap jari, tidak termasuk jempol) yang memungkinkan mereka berhitung hingga 12 menggunakan jempol.

Sistem waktu musiman

Jam matahari generasi berikutnya sudah mulai merepresentasikan apa yang sekarang kita sebut dengan “jam”. Sedangkan pembagian malam menjadi 12 bagian, didasarkan pada pengamatan para ahli astronomi Mesir kuno yang menemukan 12 bintang “penanda” pada malam hari. Dengan membagi satu hari dan satu malam menjadi masing-masing 12 jam, maka secara tidak langsung konsep 24 jam diperkenalkan.
Namun masalahnya, panjang hari dan malam belum sama karena berbagai faktor seperti, saat musim panas siang hari akan lebih panjang dibandingkan malam hari). Oleh karena itu, pembagian jam dalam satu hari pun berubah-ubah sesuai dengan musimnya. Sistem waktu ini disebut dengan sistem waktu musiman.

Sistem geografis latitude

Eratosthenes (276-194 SM), seorang ahli astronomi Yunani lainnya membagi sebuah lingkaran menjadi 60 bagian untuk membuat sistem geografis latitude. Teknik ini berdasarkan sistem berbasis 60 yang digunakan oleh orang-orang Babilonia, yang sebelumnya telah lebih dulu digunakan oleh peradaban Sumeria sekitar tahun 2000 SM. Sistem ini dipilih karena angka 60 merupakan angka terkecil yang dapat dibagi oleh 10, 12, 15, 20 dan 30.

Sistem longitude 360 derajat

Satu abad kemudian, Hipparchus memperkenalkan sistem longitude 360 derajat. Dan pada sekitar 130 M, Claudius Ptolemy membagi tiap derajat menjadi 60 bagian. Bagian pertama disebut dengan partes minutae primae yang berarti menit pertama, bagian yang kedua disebut partes minutae secundae atau menit kedua, dan seterusnya. Meskipun ada 60 bagian, yang digunakan hanyalah 2 bagian pertama, menit, dan detik. Sedangkan 58 bagian yang lain membentuk satuan waktu yang lebih kecil dari detik.
Namun, sistem ini baru diterima secara luas setelah di Eropa ditemukan jam mekanik pada abad ke-14. Bahkan, jam penunjuk waktu pertama yang menampilkan menit dibuat pertama kali dua abad kemudian.


0 komentar:

Posting Komentar